Pernah mengalami pecah ban di
sebuah jalan sepi yang jauh dari warga atau tukang tambal ban?
Saat malam hari?
Rasanya pasti
menjengkelkan…….belum lagi pikiran2 negatif tentang begal atau penjahat
kendaraan bermotor hanya karena ban kendaraan kita BOCOR
Saat ini, hal seperti itu
bisa dihindari
Dengan hadirnya TIRE GUARD
masalah ban bocor tak ada lagi
TIRE GUARD
TIRE GUARD
Adalah sebuah formula yang didesain
secara khusus untuk melindungi ban kendaraan agar tidak kempes jika tertusuk
paku atau benda tajam lainnya pada saat ban sedang berputar, baik dalam
kecepatan rendah maupun tinggi.
TIRE GUARD
Menjaga ban tidak kempes dalam waktu
yang lama tanpa perlu menambal bagian yang tertusuk, dan dapat diaplikasikan
baik pada ban dalam maupun ban tubeless.
TIRE GUARD
Dengan aman melindungi ban walaupun
tertusuk beberapa kali tanpa harus mengganti atau menambalnya, kecuali ban
tersebut sobek / meletus.
SPESIFIKASI TEKNIS
Merk Dagang : TIRE GUARD
Kemasan :
- 250 ml utk 1 ban Sepeda Motor
- 1 paket kotak berisi 2 unit Tire Guard
- 1 Dus ( berisi 18 paket Tire guard)
- 500 ml utk 1 ban Mobil
- 1 paket kotak berisi 4 unit Tire Guard
- 1 Dus ( berisi 6 paket Tire guard)
Kelengkapan Isi (tiap kemasan 1
botol) :
- 1 buah selang pengisian
- 1 logam pembuka tutup pentil
- 1 lembar petunjuk pemakaian
Karakteristik bahan TIRE GUARD :
- Tidak mudah terbakar
- pH pada saat pengemasan 7-8
- Stabil pada segala temperatur di dalam ban
- Beracun jika masuk dalam saluran pencernaan
- Larut dalam air dan mudah terurai di alam
- Sekalipun tidak berbahaya jika terkena kulit, sebaiknya langsung dibilas dengan air dan sabun
- Cepat bereaksi membentuk flokulan menutup bagian ban yang berlubang
- Tidak menimbulkan resiko kerusakan pada komponen ban dan velg
- Tidak bereaksi dengan material logam velg dan pentil ban
Ukuran Pemakaian :
· 1 ban
Sepeda = 1/2 botol (100 ml)
- Rim Sizes (inch) : 8, 10, 12, 13, 14, 15, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 26 & 28.
- Section Width dan Sidewall Aspect Ratio : Semua Ukuran
· 1 ban
Motor = 1 botol (200 ml)
o Rim Sizes (inch) : 8, 10, 12, 13, 14, 15, 17,
18, 19, 20 dan 21
o Section Width dan Sidewall Aspect Ratio : Semua
Ukuran
· 1 ban
Mobil = 2 botol (400 ml)
- Rim Sizes (inch) : 8, 10, 12, 13, 14, 15 dan 16
- Section Width dan Sidewall Aspect Ratio : Maksimal 80%
MANFAAT TIRE GUARD
- Dapat melindungi ban dari kebocoran tertusuk paku & benda tajam.
- Paku atau benda tajam yang tertancap pada ban dapat langsung dicabut dan lubang tertutup secara otomatis (Automatic Sealant)
- Dapat langsung diisikan pada ban yang sebelumnya kempes terkena paku, dan segera bisa langsung diisi angin tanpa harus menambal atau mengganti ban baru.
- Melindungi ban secara maksimal terhadap tebaran paku atau benda tajam di jalan raya, termasuk modus kejahatan “Tebar Paku”.
- Menjaga kelembaban ban, sehingga tidak mudah panas.
- Dapat menghemat pengeluaran untuk menambal ban atau pembelian ban baru.
- Dapat diisikan langsung ke ban yang sudah bocor di jalan (kempes) tanpa harus ditambal secara manual, tetapi cukup langsung diisi angin. (catatan : hal ini akan berhasil baik jika kebocoran bukan berasal dari pangkal pentil yang sobek atau ban yang pecah atau meletus)\
- Melindungi pribadi pengendara dari segi keamanan dan kenyamanan, tenaga dan ketenangan pikiran.
- Menghindarkan dari resiko kehilangan waktu di perjalanan.
KEUNGGULAN TIRE GUARD :
1.
Produk asli Indonesia
2.
Dapat digunakan untuk jenis ban tubeless dan ban dalam (konvensional)
3.
Dapat digunakan untuk ban sepeda, sepeda motor dan mobil
4.
Cara penggunaannya mudah dan efisien
5.
Kualitas terbukti dan teruji
6.
Life time yang lama ( 1 tahun )
7.
Tidak mengandung resiko kerusakan atau efek negatif lainnya pada komponen roda
kendaraan (ban dan velg)
8.
Harga terjangkau untuk masyarakat luas
PRINSIP KERJA TIRE GUARD
Jika TIRE GUARD sudah
dimasukan ke dalam ban (tube/tubeless) melalui lubang pengisian angin (lubang
pentil), maka setelah dijalankan kira-kira 3-5 km, akan melumasi bagian dalam
ban dan membentuk lapisan yang melindungi ban dari dalam.
Ketika roda kendaraan kita melindas
sesuatu yang tajam hingga bocor, maka gaya centrifugal dari rotasi ban yang
berputar akan mendorong cairan TIRE GUARD ke bagian lubang
hingga membentuk flokulan yang secara spontan menutup kebocoran tersebut.
Flokulan yang terbentuk akan semakin
kuat seiring dengan adanya gaya sentrifugal dan sentripetal, ditambah dengan
tekanan angin dalam ban yang fluktuatif akibat roda berjalan di permukaan jalan
yang tidak rata.
Proses penutupan lubang kebocoran
ini berlangsung dalam waktu cepat dan sangat sedikit angin yang terbuang dalam
proses ini. Dalam kondisi kendaraan berjalan, lubang akan tertutup sempurna
dalam waktu kurang dari 3 detik.
PENGGUNAAN TIRE GUARD
A. Proses Pemasangan/Pengisian TIRE
GUARD :
Ikuti petunjuk pemakaian yang telah
ada dalam kemasan secara lengkap dari awal sampai akhir, dan diakhiri dengan
menjalankan kendaraan sejauh 2-3 km (di siang hari dan panas terik) atau sejauh
3-5 km ( di malam hari atau hujan)
B. Perawatan Ban Sehari-hari Selama
Menggunakan TIRE GUARD :
Selalu jaga tekanan angin dalam ban,
cukup sesuai dengan standar dari pabrikan ban (keterangan ini ada di dalam ban
masing-masing), jangan sampai tekanan angin kurang/agak kempes, karena pada
saat ban terkena paku atau benda tajam proses penambalan TIRE GUARD kurang
maksimal apabila dalam kondisi tekanan angin kurang.
TIPS PEMAKAIAN TIRE GUARD
A. Trouble Shooting Saat Ban Terkena
Paku atau Benda Tajam :
1.
Setelah diketahui ada paku/benda tajam yang menancap pada ban, maka sebaiknya
dicabut. Walaupun sebenarnya ban tidak akan bocor, namun dengan adanya paku di
dalam ban dalam jangka waktu lama akan berpotensi menyebakan ban sobek, karena
adanya gesekan terus-menerus antara paku dengan jalan sehingga menyebabkan
perubahan posisi di ban.
Berikut
tips mencabut paku yang benar :
- Segera cabut paku atau benda tajam yang tertancap pada ban, dan posisikan ban yang terkena paku di bawah. Tujuannya agar TIRE GUARD dapat kontak dengan lubang tersebut.
- Saat mencabut paku, goyangkan paku perlahan-lahan sambil ditarik dan jika masih ada kebocoran putar roda beberapa kali perlahan-lahan kurang lebih 10 putaran, setelah itu kendaraan dijalankan minimal 1-2 km.
- Sebaiknya cabut paku saat akan melakukan perjalanan, dengan demikian proses penyumbatan oleh TIRE GUARD dapat berlangsung lebih sempurna.
2. Jika tekanan angin
berkurang (sedikit kempes) segera tambahkan angin dengan tekanan setengah
penuh. Posisikan lubang tersebut di bagian bawah, dan biarkan selama 2-3 menit,
untuk memberi kesempatan TIRE GUARD kontak lebih lama dengan
lubang (memberikan kesempatan bereaksi). Kemudian dilengkapi dengan memutar ban
sebanyak 5-10 putaran.
3. Ulangi langkah ke-2 apabila
masih ditemukan angin yang keluar dari ban yang ditandai dengan menurunnya
tekanan angin (ban sedikit kempes)
4. Apabila tekanan angin telah
stabil, tambahkan angin dengan tekanan penuh (sesuai dengan tekanan maksimal
yang dianjurkan pabrikan ban). Langkah terakhir adalah menjalankan kendaraan
sejauh 2-3 km.
5. Selesai.
Kita telah menciptakan kondisi yang
baik dan benar untuk TIRE GUARD bekerja menambal/menutup
kebocoran dengan kuat dan permanen.
* Untuk kendaraan roda
empat, langkah-langkah tersebut diatas dilakukan dalam kondisi ban didongkrak
seperti ketika akan melepas/mengganti ban. Tujuannya agar ban bisa diputar
bebas.
B. TIRE GUARD kurang
berfungsi dengan maksimal jika :
1.
Ban dalam sobek besar setelah terkena paku atau benda tajam
2.
Kebocoran berasal dari samping atas, sobek di bagian pentil atau di bagian atas
(sekitar velg)
3.
Tidak mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera dalam kemasan.
C. Pengisian TIRE GUARD ke
dalam ban dengan kondisi bocor karena tertusuk paku.
1.
Keluarkan seluruh angin dari dalam ban
2.
Posisikan bagian ban yang terkena paku di bawah.
3.
Masukan TIRE GUARD sesuai dosis ke dalam ban.
4.
Isi angin ke dalam ban dengan tekanan kira-kira setengah penuh.
5.
Cabut paku perlahan-lahan dengan posisi masih di bawah
6.
Putar ban beberapa kali kurang lebih sebanyak 10 putaran, boleh ditambahkan
dengan beberapa pukulan menggunakan kunci roda atau palu di area ban yang
terkena paku.
7.
Perhatikan apakah masih ada angin keluar dari bekas lubang paku. Jika masih
ada, putar kembali.
8.
Jika sudah tidak ada lagi angin yang keluar, tambahkan angin sampai tekanan
penuh.
9.
Jalankan kendaraan sejauh minimal 5 Km. Lebih baik dalam cuaca cerah, agar
proses penambalan TIRE GUARD dapat lebih cepat & maksimal.
* Untuk kendaraan roda
empat, langkah-langkah tersebut diatas dilakukan dalam kondisi ban didongkrak
seperti ketika akan melepas/mengganti ban. Tujuannya agar ban bisa diputar
bebas.
D. Penggantian Ban Baru
Selama menggunakan TIRE GUARD ,
ban dapat diganti dengan ban baru apabila diperlukan penggantian, misal karena
umur ban sudah tidak memungkinkan lagi (ban gundul dsb). Sementara TIRE GUARD
yang berada di dalam ban masih dapat dimanfaatkan kembali untuk
digunakan di ban baru. Hal yang perlu diperhatikan adalah :
-
Umur pemakaian TIRE GUARD , maksimal 6 bulan pemakaian.
-
Sisa volume TIRE GUARD yang akan dipindahkan tersebut sedapat
mungkin tidak terlalu berbeda dengan dosis pemakaian TIRE GUARD baru.
1. Prosedur penggantian ban
luar baru (tanpa penggantian ban dalam)
-
Keluarkan angin dari ban dalam secara perlahan-lahan, posisikan lubang pentil
di bagian atas (90o) atau di tengah (45o). Tujuannya agar
TIRE GUARD tidak ikut terbawa keluar, karena ketika roda diam
maka TIRE GUARD berada di bawah (gaya gravitasi).
-
Segera tutup pentil apabila angin sudah habis di dalam ban.
-
Lepaskan ban dalam dan ban luar dari roda kendaraan.
-
Siapkan ban luar baru dan pasang di roda kendaraan beserta ban dalam
seperti biasa.
-
Setelah ban dalam & ban luar baru terpasang, ban diisi angin sampai tekanan
penuh.
-
Selesai.
2. Prosedur penggantian ban
dalam baru (tanpa penggantian ban luar)
-
Keluarkan angin dari ban dalam lama secara perlahan-lahan, posisikan lubang
pentil di bagian atas (90o) atau di tengah (45o).
Tujuannya agar TIRE GUARD tidak ikut terbawa keluar, karena
ketika roda diam maka TIRE GUARD berada di bawah (gaya
gravitasi).
-
Segera tutup pentil apabila angin sudah habis di dalam ban.
-
Lepaskan ban dalam lama tersebut dari roda kendaraan.
-
Siapkan ban dalam baru dan pasang di roda kendaraan beserta ban luar
seperti biasa.
-
Setelah ban dalam baru & ban luar terpasang, sebelum diisi angin maka diisi
TIRE GUARD terlebih dahulu. Caranya potong ban dalam lama,
TIRE GUARD yang berada di dalamnya dituang ke sebuah wadah,
botol kecil misalnya. Kemudian TIRE GUARD dari botol tersebut
di tuangkan kembali ke dalam ban dalam baru melalui lubang pentil sampai habis.
Proses ini harap dilakukan secara hati-hati untuk menghindari banyaknya
tumpahan TIRE GUARD .
-
Kemudian ban dalam baru yang telah terisi TIRE GUARD , diisi angin
sampai tekanan penuh.
-
Selesai, selanjutnya kendaraan dijalankan sejauh 2-3 km agar TIRE GUARD dapat
merata.
3. Prosedur penggantian ban
tubeless baru (tanpa ban dalam)
-
Keluarkan angin dari ban tubeless lama secara perlahan-lahan, posisikan lubang
pentil di bagian atas (90o) atau di tengah (45o).
Tujuannya agar TIRE GUARD tidak ikut terbawa keluar, karena
ketika roda diam maka TIRE GUARD berada di bawah (gaya
gravitasi).
-
Lepaskan ban tubeless lama tersebut dari roda kendaraan. Hati-hati agar TIRE
GUARD tidak banyak tumpah.
-
Siapkan ban tubeless baru dan pasang di roda kendaraan seperti biasa.
-
Setelah ban tubeless baru terpasang, sebelum diisi angin maka diisi TIRE GUARD
terlebih dahulu. Caranya TIRE GUARD yang berada di
dalam ban tubeless lama dituang ke sebuah wadah, botol kecil misalnya. Kemudian
TIRE GUARD dari botol tersebut di tuangkan kembali ke dalam
ban tubeless baru melalui lubang pentil sampai habis. Proses ini harap
dilakukan secara hati-hati untuk menghindari banyaknya tumpahan TIRE GUARD
.
-
Kemudian ban tubeless baru yang telah terisi TIRE GUARD , diisi
angin sampai tekanan penuh.
-
Selesai, selanjutnya kendaraan dijalankan sejauh 2-3 km agar TIRE GUARD dapat
merata.
* Untuk kendaraan roda
empat, langkah-langkah tersebut diatas dilakukan dalam kondisi ban didongkrak
seperti ketika akan melepas/mengganti ban. Tujuannya agar ban bisa diputar
bebas.
Cara
Menguji atau Demonstrasi Kualitas TIRE GUARD
TIRE GUARD didesain
bekerja menutup lubang pada saat kendaraan sedang berjalan, dimana ada gaya
sentrifugal, tekanan berulang dan beban. Ditambah dengan panas yang ditimbulkan
karena gesekan dengan jalan/aspal.
Semua proses ini berjalan secara
bersamaan pada saat kendaraan berjalan, yang pada akhirnya penambalan TIRE
GUARD bisa permanen, terlebih setelah berjalan 1-2 hari.
Demonstrasi adalah kegiatan untuk
meniru (simulasi) proses di atas. Sudahkah simulasi dilakukan dengan tepat ?
Sebelum melakukan demo, biarkan TIRE
GUARD berada di dalam ban selama 1-2 hari, atau dengan
perjalanan 10-20 Km, tujuan nya memberi kesempatan TIRE GUARD melapisi
dengan sempurna ban bagian dalam.
Demo yang benar adalah :
1.
Tancapkan paku di sebuah papan dengan bagian yg tajam mengarah ke atas.
2.
Lalu lindas dengan ban kendaraan yang sudah terisi TIRE GUARD .
3.
Kemudian berjalan 1-2 km
4.
Lalu perhatikan apakah terjadi kebocoran ? sebaiknya tidak.
Ket : Proses penambalan akan sempurna (permanen) selama
waktu 1-2 hari atau dengan perjalanan yang jauh (10-20 Km) .
Fakta :
TIRE GUARD selalu berfungsi dengan baik, jika kena paku secara
alamiah. Karena orang tidak sadar kena paku (sampai orang tersebut
menemukannya), selama itu pula proses penambalan berjalan sempurna.
E. INFO TENTANG TIRE GUARD
1. Ketahanan TIRE GUARD dalam
kemasan :
Selama
segel tutup kemasan belum terbuka, maka TIRE GUARD masih
berfungsi dengan baik dalam waktu yang lama. Harap diperhatikan, bahwa
sebaiknya pembukaan tutup botol hanya dilakukan sesaat sebelum TIRE GUARD dimasukan
dalam ban.
2. Ketahanan TIRE GUARD
dalam ban :
TIRE
GUARD masih bisa berfungsi dengan baik dalam waktu 1 tahun
(rata-rata seumur ban), tergantung dari kondisi di lapangan, antara lain
intensitas pemakaian kendaraan, kualitas ban dan frekuensi kasus kebocoran.
3. Volume TIRE GUARD
dikemas dalam ukuran 200 ml.
4. TIRE GUARD
tidak bereaksi dengan gas Nitrogen. Tidak ada masalah apabila
angin yang digunakan di dalam ban adalah Nitrogen.
5. TIRE GUARD mengandung
racun
Jika
masuk ke dalam saluran pencernaan. Karena terbuat dari bahan-bahan kimia yang
tidak untuk dikonsumsi oleh manusia. Sebaiknya dijauhkan dari jangkauan
anak-anak untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.
6. TIRE GUARD aman
bagi kulit
Pada
saat pengemasan pH akhir terukur rata-rata diantara 7-8, maka relatif aman
terhadap kulit. Warna yang menempel pada kulit dapat hilang dengan dibilas air
dan sabun.
7. TIRE GUARD dapat
digunakan untuk jenis ban yang menggunakan ban dalam dan ban tubeless (tanpa
ban dalam).
Prinsip
pemakaian dan perlakuannya sama.
8. TIRE GUARD mampu
mengatasi lebih dari 3 paku.
9. Tidak ada efek samping menggunakan
TIRE GUARD
Terhadap
manusia :
-
Asal tidak termakan, maka TIRE GUARD tidak
berbahaya
Terhadap
ban :
-
TIRE GUARD tidak merusak ban, malah
sebaliknya selain melindungi ban dari kebocoran juga meningkatkan kualitas dan
umur pemakaian ban.
Terhadap
velg :
-
TIRE GUARD tidak merusak velg, karena bahan
kimia yang terdapat di dalam TIRE GUARD tidak
bereaksi dengan logam (komponen pembuat velg dan pentil ban)
Terhadap
lubang pentil ban :
-
TIRE GUARD tidak menyumbat lubang pengisian
angin atau lubang pentil.
10. TIRE GUARD di
dalam ban tetap berbentuk cair, sebagian akan menjadi lapisan tipis di dalam
ban.
11. TIRE GUARD dapat
bekerja pada semua tingkatan suhu normal yang terjadi didalam ban.
12. TIRE GUARD tidak
mengganggu kestabilan ban ketika berjalan, baik kecepatan rendah maupun
kecepatan tinggi, pada motor dan mobil.
13. Penyimpanan TIRE GUARD tidak
memerlukan perlakuan khusus, cukup di dalam kondisi kering dan suhu kamar.
14. TIRE GUARD kurang
optimal terhadap kebocoran di area dinding ban.
Karena
akumulasi cairan berada pada telapak ban. Namun demikian masih ada kemungkinan
formula bisa mengatasi kebocoran tersebut.
15. Hal-hal penting yang harus
diperhatikan setelah menggunakan TIRE GUARD :
1.
Selalu jaga tekanan angin ban dalam kondisi tekanan normal sesuai ketentuan
pabrikan ban. Kalau kempes (kurang angin), kinerja TIRE GUARD kurang
optimal.
2.
Jangan menusuk paku ke ban dengan sembarang posisi, karena ketika ban diam,
TIRE GUARD secara gravitasi berada di posisi bawah.
3.
TIRE GUARD kurang kurang berfungsi dengan maksimal jika :
- Ban bocor dengan sobek besar setelah terkena
paku atau benda tajam lainnya.
- Kebocoran berasal dari posisi samping atas,
sobek di bagian pentil dan bagian atas sekitar velg.
- Tidak mengikuti petunjuk pemakaian yang ada
dalam kemasan dengan benar.
HARGA UMUM Rp 45.000-Rp 50.000/250 ml
Untuk menjadi reseller
silahkan japri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar